3/17/14

DIALOG : DIAry di dalam bLOG

Halo Semua! (Sorry guys, this post is 100% Indonesian!)

Untuk menyingkat semuanya, intinya gue mau coba buat sesuatu di blog ini yang lucu - dan sembari ngeshare kehidupan gue di negara kimchi ini. Ide ini udah ada di otak gue dari lama banget, dari SMA kali ada.

Semenjak gue mulai keranjingan baca blognya Raditya Dika, gue mulai merasa "kok ada sih orang sebego ini.." dan "gue juga pengen hidup gue seseru dia!!". Sayangnya hidup gue saat SMA itu statis-statis aja. Engga ada yang berubah dan semuanya datar (Cailah).

Dan sekarang! Gue rasa hidup gue udah mulai lebih berwarna. Hidup di negara asing, yang gue engga tau sama sekali bahasanya, dan dengan orang-orang baru. Dibanding dengan kehidupan datar 3 tahun lalu, hidup gue yang sekarang jauh lebih seru! Akhirnya!

Jadi, ketika beberapa hari yang lalu gue overdosis kopi, mata gue kelap-kelip jam 3 pagi, otak gue melalang buana, tiba-tiba ide super jenius itu muncul! Kenapa engga gue buat posting diary, di dalam blog gue, yang bisa disingkat jadi DIALOG! Sayang sebelum gue beranjak bangun dan mencoba ngetik di komputer, gue keburu berangkat ke dunia mimpi..

Sebelum lupa, mending ini buru-buru gue ketik.

Untuk posting pertama, gue jujur bingung mau nulis apa. Maklum, dari semua subyek pembelajaran Bahasa Indonesia, menulis itu subyek yang paling gue benci setelah membaca puisi. Gue lebih suka ngomong langsung daripada ketik sms, dan gue juga sebenernya lebih seneng kalo semua ini bisa gue rekam aja dan kirim ke semua yang baca. Ha-ha.

Jadi untuk postingan pertama gue akan bicara sedikit tentang pandangan orang Korea tentang Indonesia. *stretching*

Pertama-tama, gue amat sangatlah kaget dengan betapa banyaknya orang yang pikir Indonesia = India. Jadi kalau dalam Bahasa Korea, Indonesia itu Indonesia, India itu Indo. Percakapan seperti ini sering terjadi :

Tante Korea (TK) : Eh, kamu orang apa sih?
Gue (G) : Saya Orang Indonesia, tante.
TK : Loh, kok kamu engga kayak orang Indonesia sih?
G : Masa iya sih tan? Emang sih gue ada keturunan cinanya..
TK : Lo pasti suka banget deh makan KARE!
G : ............

Kadang gue pikir, apakah perbedaan generasi dan faktor usia membuat tante-tante dan om-om ini bingung yang mana Indonesia dan yang mana India. Kadang gue cuma bisa ketawa ngenes. Kalo lagi baik gue ajarin sih kalo mereka salah.

Tapi ternyata engga gara-gara faktor usia juga.

Sesama Mahasiswa (SM) : Eh, kamu orang Indonesia kan?
Gue (G) : Iya! Gue orang Indonesia!
SM : Lo tau engga, kemaren gue makan makanan Indonesia, enak banget!
G : Oh iya? Makan ap...
SM : KARE! Kare-nya enak banget!
G : .......................................

Dan kejadian kayak gitu sering banget terjadi. Apa karena Indonesia kurang famous ya? (atau karena mereka kurang pengetahuan juga. oops).

Tapi banyak juga kok yang langsung tau tentang Indonesia! Gue sebenernya engga sakit hati atau apa karena dibilang orang India. Menurut gue rada lebay juga kalo ada yang emosi dan perih hatinya karena dikira orang India. Salah kita juga sih, yang suka sok-akrab sama Indonesia sampe manggilnya  nickname doang, Indo.

Sekali lagi dibanding sakit hati, gue jadi punya koleksi cerita lucu buat di-share pas kumpul-kumpul keluarga. Waktu liburan kemaren, gue pulang ke Indonesia. Pas itu om gue tanya-tanya tentang Korea. Dan gue pikir ini adalah kesempatan yang sangat bagus buat gue cerita tentang Indonesia dan India yang gue ceritain barusan!

Gue adalah tipe orang yang sangat berapi-api kalo bercerita, nah cerita tadi itu gue ceritain dengan seseru mungkin di depan semua anggota keluarga gue yang lagi ngumpul itu. Kadang kalo gue udah masuk kedalam peran story-telling ini, gue suka lupa sama sekeliling.

".......Iya, jadi kadang tuh ya, kesel aja deh kalo ada yang bilang kita orang India!" PAS gue bilang gitu, mata gue mulai memandang ke arah kiri dan.......

JEGER.

Disitu ada cici sepupu gue punya suami. Dan suami cici sepupu gue adalah ORANG INDIA.

Yes, Orang dengan Ras India 100%.

GUE SANGAT LUPAAAAA.

Rasanya kalo ada lubang gue pengen masuk aja selamanya. huhu.
btw, karena dia lahir dan besar di Indonesia. Bahasa Indonesianya jauh lebih jago daripada gue.

Sebenernya gue engga cerita dengan nada yang engga enak gitu sih, tapi kan teteup aja gue merasa engga enak. Siapa tau orangnya sensitif dan merasa gue merendahkan ras dia. Gimana kalo dia tertawa tapi dalam hatinya dia udah tusuk-tusuk gue. Gimana kalo dia jadi menyesal menikah dengan sepupu gue. Otak gue langsung mikir 1000 gimana-gimana lainnya.

Sekarang kalo ketemu sepupu + suami sepupu gue itu, gue bersumpah dengan diri gue sendiri untuk tidak pernah menyinggung apapun yang berbau India. Huruf I pun engga akan pernah gue singgung. Dia ngomong I pun gue kabur.

Intinya, Imlek tahun depan angpao gue bisa jadi berkurang satu. Untuk selamanya.


Trus, ada satu pertanyaan yang biasa diutarakan sama orang Korea, yang kayaknya sampai akhirat juga gue engga akan tau apa jawabannya.

Ini dia pertanyaannya :

"Di Korea kan ada tuh Kimchi, kalo di Indonesia ada engga makanan yang seperti Kimchi??"

Nah loh. Gue berpikir dengan sangat keras. APA YA MAKANAN INDONESIA YANG KAYAK KIMCHI. Paling deket yang gue bisa pikir adalah kimchi-nya hypermart. Tapi kan itu juga buatan Korea!

"............hem...... kayaknya engga ada deh...." jawab gue.

"..loh masa iya engga ada? Ituloh makanan yang pasti keluar kalo kalian makan apapun!"

"...............................hem........engga ada deh......." jawab gue, setelah berpikir sangat, sangat keras.

"KOK ENGGA ADA. PASTI ADA!!"

"KOK MAKSA SIH! YANG ORANG INDONESIA GUE APA LO!" jerit gue dalam hati. Kalo gue tau bahasa Koreanya pasti gue udah jerit di depan orangnya. Sayang skill bahasa Korea gue jongkok.

Sumpah deh, gue udah berpikir keras. Sambel? Tergantung makanannya, sambelnya beda. Lalapan? Dimakan tiap hari gempor juga ke pasarnya. Bawang Goreng? Kayaknya banyakan yang engga doyan dari yang doyan. Kerupuk? Gue yakin gue baru mencoba sekitar 5% dari semua jenis kerupuk yang eksis di Indonesia.

Lalu itu membuat gue berpikir, betapa Indonesia itu luas dan beraneka ragam! Elo engga bisa mendefinisikan Indonesia sebagai satu jenis kultur doang! Coba deh makanan Indonesia apa yang bisa lo simpen lebih dari setahun, yang bisa dimakan sama apa aja?? (Kalo lo mikir indomi, gue juga lagi mikir indomi, dan sekarang lo pasti jadi pengen makan indomi, kurang ajar kamu indomi!!!)

Yang pasti, namanya juga hidup di negara orang. Beda budaya, beda pikiran. Kadang gue suka berpikir, "kok gitu?", dan pastinya orang Korea ngeliat gue bisa berpikir "kok gitu?" atau "cantik amat!" - yah sami-sami mawon lah.

Gimana menurut kalian semua? Apakah postingan ini lucu? Apa membosankan? Jujur gue lagi rada sumpek banget buat nulis review atau apa pun itu. Rasanya lagi pengen olahraga-in mulut. Berhubung engga ada yang bisa jadi partner olahraga bibir ini (baca : partner bergosip) gue curcol aja disini. Tapi yang pasti corner "DIALOG" ini engga akan hilang!

I'll be back! SCPTNY!


Where to find me :
tumblr // youtube // instagram // twitter // deviantart // dayre
xx

No comments:

Post a Comment

Theme created by Sweet Lemon Grey